Sign In

Blog Wisata

Terbaru
Demi Tingkatkan Pengalaman Wisata: Berikut Tips Manajemen Pengunjung yang Baik dan Benar

Demi Tingkatkan Pengalaman Wisata: Berikut Tips Manajemen Pengunjung yang Baik dan Benar

visitciamis.id Liburan sekolah telah tiba nih sob!! Kabupaten Ciamis memiliki beberapa destinasi wisata yang cocok nih untuk dikunjungi selama libur sekolah.

Dalam periode liburan, tingkat kunjungan wisatawan tentunya akan meningkat lebih tinggi dibanding hari biasanya. 

Liburan sekolah telah tiba nih sob!! Kabupaten Ciamis memiliki beberapa destinasi wisata yang cocok nih untuk dikunjungi selama libur sekolah.

Maka dari itu, beberapa destinasi wisata harus mempersiapkan manajemen pengunjung agar destinasi wisata ramai oleh pengunjung.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengelola dan pengunjung objek wisata dalam mengutamakan layanan pengunjung, pengalaman pengunjung, dan alat interprentasi pada destinasi wisata.

Intip Panduan Manajemen Pengunjung dari Kementerian Pariwisata, agar usaha kamu sesuai dengan standar berwisata, sekaligus mendukung pariwisata berkelanjutan

Berikut beberapa tips manajemen pengunjung agar destinasi wisata kalian ramai dikunjungi oleh wisatawan:

1. Hard Visitor Management

Hard Visitor Management atau pendekatan secara langsung yang bertujuan untuk mengelola jumlah pengunjung dan juga mengamati perilaku pengunjung di objek wisata.

Dengan cara ini, pengelola objek wisata dapat mengontrol dampak dari pengunjung yang berperilaku kurang baik, sehingga dapat memberikan kesan nyaman bagi pengunjung di objek wisata tersebut

2. Soft Visitor Management

Soft Visitor Management atau menyebarkan informasi bertujuan untuk mempengaruhi nilai-nilai pikiran wisatawan saat berkunjung ke objek wisata yang dikunjungi.

Dengan cara ini, pengelola objek wisata dapat mempromosikan objek wisata melalui brosur, atau papan/peta informasi agar memudahkan pengunjung untuk observasi ke objek wisata yang akan dikunjungi.

3. Digitial Visitor Management

Digitial Visitor Management atau penerapan media digital terhadap objek wisata dengan bertujuan untuk memantau dan mengontrol pengunjung secara modern dan efisien.

Dengan cara ini, pengelola objek wisata dapat mempromosikan wisata melaui platform media digital seperti Instagram, Facebook dan website dari objek wisata tersebut

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *